Web : puguh.raharjo: BlankOn Linux dan DVD Repository Ubuntu - URL : http://puguhr.blogspot.com/2009/12/blankon-linux-dan-dvd-repository-ubuntu.html
www.Kriep2.co.cc
.

BlankOn Linux dan DVD Repository Ubuntu

Seperti kita ketahui, BlankOn Linux merupakan salah satu distro yang berkembang di Indonesia yang menggunakan Ubuntu sebagai dasarnya. Tentu saja paket aplikasi dari repository Ubuntu akan cocok dipasang pada distro ini.

Sebagai bahan tulisan ini, saya menggunakan BlankOn 5 (Nanggar) pada kondisi “fresh from the oven” alias setelah install belum diubah-ubah lagi. Untuk download file iso silakan kunjungi link ini. Kenapa saya memilih distro BlankOn dan bukan Ubuntu? Ini salah satu jawabannya:

==distro BlankOn Linux telah komplit untuk urusan multimedia, antara lain plugin untuk support mp3, avi, flv, sehingga cocok untuk pengguna yang relatif pemula dan/atau terbatas koneksi internetnya untuk update packages==

Bahan berikutnya adalah DVD Repository Ubuntu 9.04 yang bisa download dari link ini. Kebetulan pas ada koneksi yang lumayan sehingga bisa menyelesaikan 6 file iso yang kemudian dibakar ke DVD.
Proses selanjutnya adalah menambahkan DVD Repository tersebut agar dikenali Synaptic.
1. Nyalakan komputer dan login sampai dekstop muncul
2. Masukkan DVD #1 dan tunggu sampai muncul jendela dialog seperti ini

3. Pilih “Start Package Manager” dan tunggu sampai jendela Synaptic muncul, dan DVD #1 secara otomatis telah ditambahkan pada source-list apt.
4. Untuk memastikan, ketik perintah berikut pada jendela terminal dan lihat hasilnya pada baris terakhir.

5. Keluarkan/eject DVD #1, lalu masukkan DVD #2, pada jendela dialog pilih “Start Package Manager”. Ulangi proses ini untuk semua DVD repository sampai DVD #6. Periksa lagi hasilnya seperti langkah (4)
6. Jika koneksi internet terbatas, atau tidak ingin menggunakan sumber instalasi dari internet, lakukan edit dan simpan pada file /etc/apt/sources.list dan berikan tanda # pada semua baris selain 6 baris paling bawah.

7. Sekarang DVD Repository telah bisa digunakan untuk menambah paket aplikasi pada BlankOn Linux. Gunakan Synaptic Package Manager untuk melakukan hal ini.

8. Masukkan DVD sesuai yang diminta pada jendela dialog saat melakukan instal/upgrade aplikasi.

0 komentar:

 

Profil - Location - Gallery - Chords - Musics - Woman